AhmadRizali.Com

25 Oct, 2008

TARUNA NUSANTARA

Posted by: Ahmad Rizali In: Sekolah|Taruna Nusantara

Sebuah aula besar terbuka berbentuk piramida segi enam dengan puncak terpotong dan langit langit aula terpatri kepulauan Nusantara dalam segi lima, serta lingkaran luar dengan tulisan “Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa”. Itulah gedung megah yang menyambut kunjunganku ke Sekolah berasrama yang terkenal itu, SMA Taruna Nusantara (Tarnus).

Luas area sekolah ini lebih 30 hektar, dilengkapi kolam renang ukuran olimpik, trek atletik dilingkaran luar lapangan sepakbola, asrama untuk putra dan putri yang menampung 900 lebih murid dari seluruh Indonesia, semua milik Akademi Militer. Awalnya, dengan “bocoran” dana bujet Hankam dan TNI sekolah ini gratis. Reformasi yang mengharuskan semua bujet pemerintah termasuk kedua institusi “pemilik” SMA Tarnus tadi menjadi tertib. Tarnus kehilangan sumberdana tetap dan murid harus membayar.

Prestasi akademik yang diukur dengan ukuran depdiknas sangat banyak, piala dan penghargaan yg diterima SMA ini berjumlah ratusan, sehingga perlu ruang pamer khusus dari sekolah yang menjelang usia 20 Tahun itu, Tarnus didirikan sekitar awal 1990 an, saat Suharto masih Presiden, Benny Moerdani Menhankam dan Pangab Try Sutrisno. Kedua tokoh itu menggandeng Taman Siswa mendirikan Tarnus.

Bayangkan, 900 lebih murid dididik ala disiplin militer, konon minus kekerasan militer. Harus bangun pagi dari tempat tidur di asrama setiap hari jam 04.45 ketika mendengar terompet, senam pagi, makan pagi dst. Setiap asrama dibina oleh pengasuh pensiunan militer dan pengasuh asrama putri dibina oleh Korps Wanita TNI aktif. Disiplin menjadi nomer satu dan karena menggunakan pendekatan militer, gesturenya sangat nyata terlihat.

Terlihat dari cara menghormat, menyahut sapaan tamu, postur tubuh, cara berjalan dan sebagainya, sudah mirip kadet akademi militer. Entahlah, apakah ada kekerasan diasrama Tarnus ini, pengasuh mengaku tidak ada. Para Guru, juga berfungsi sebagai pengasuh selama 24 jam, karena mereka menempati rumah yang mengelilingi asrama putra dan putri.

Jika, visi kebangsaan sebagaimana dipahatkan dilangit langit Aula Tarnus dan di emblim semua pengasuh dan murid Tarnus diajarkan dengan benar dan sebuah kesadaran akan Indonesia, tanpa paksaan dan kekerasan. Rasanya, murid lulusan Tarnus akan betul betul memiliki bekal yang baik dalam mengenal bangsa yang majemuk ini, apalagi di SMA ini, nyaris semua murid daerah Nusantara terwakili.

Tetapi menjadi Indonesia melalui sekolah ternyata tidak murah untuk kantung awam, dengan dipangkasnya dana APBN kesana, murid harus membayar 110 juta selama 3 tahun atau sekitar 40 juta setahun atau kurang dari 4 juta sebulan. Dengan perolehan segala macam seragam dan fasilitas lain termasuk makan 3 kali sehari dg 2 lauk senilai 21.000, tanpa harus membayar lagi tetek bengek lainnya.

Kepala LPPN Tarnus, seorang pensiunan Mayjen berkata, setiap Tahun dibutuhkan sekitar 25 Milyard untuk mengelola sekolah dg murid hampir seribu itu dan guru lebih 70 orang serta tenaga non akademik yang melebihi jumlah guru. Walhasil, tanpa disubsidi negara atau pihak ketiga, mendidik pemimpin dari rakyat jelata memang hampir tidak mungkin. Percayakah kita kepada sistim pendidikan SMA Tarnus yang bervisi mendidik pemimpin masa depan Indonesia. Hanya sejarah yang bisa membuktikan dan juga membuktikan, betulkah pendidikan disiplin versi militer buruk untuk bangsa ini, sebagaimana yang sering digaungkan para aktivis.

Nanang
25/8/08
Jogjakarta

15 Responses to "TARUNA NUSANTARA"

1 | nuraeni

March 13th, 2009 at 4:54 am

Avatar

assalamualaikum wr.wb
ech pak kan saya tuch skrg duduk di klz IX,,saya pngn bngtzzz sekolah ke sekolah yg berasrama.Ech pak apa benar sekolah ini berasrama???? and klo bnr sekolah ini berasrama dimana tmptnya and berapa biaya masuknya and biaya perbulannya brpa???? trusss kpmn mulai pendaptarannya???
pak mohon harap diblzzz coz saya membutuhkan bangetzzzz blzzzznya
wassalam

2 | puput

March 15th, 2009 at 3:08 am

Avatar

Asslamualaikum.Keyword taruna nusantara membawaku ke blog ini. Tertarik membaca ttg TN (begitu biasanya kami menyebut almamater kami),karena ditulis oleh seseorang yg bukan TN.Tulisan Bapak cukup mewakili situasi di TN.#nantikan karyaku 10 atau 20 tahun lagi#,adalah sebait lirik dari salah satu lagu di sekolah kami,si pencipta lagu membuatnya dgn penuh perhitungan,dgn rasa optimisme yg sangat besar,menjanjikan bahwa 10 sampai 20 tahun sejak kelulusan kami dr TN karya kami akan nyata di masyarakat,bangsa,negara,dan dunia…seperti isi dari triprasetya kami.Senang bisa berbagi dgn Bapak.Izin nge-link ya Pak..terimakasih.

3 | Nanang

March 18th, 2009 at 7:28 am

Avatar

nuraeni,.. buka saja web Taruna Nusantara, semoga ada. Setahu saya mereka melakukan pendaftaran dengan bantuan Kodim/Korem setempat, silahkan mencoba,…
Ssalam

4 | Nanang

March 18th, 2009 at 7:30 am

Avatar

puput,…

semoga yang kalian cita citakan berhasil. Negeri ini perlu banyak sekali “petarung” sejati dan bangga dengan negerinya, di tarnus saya lihat itu diajarkan. Tetapi, jangan ternyata terbukti seperti kata kawan di Barat sana “Manusia Indonesia itu HyperNationalist”… entah apa maksudnya hehehe….

Silahkan ngeLink dan terimakasih pula

5 | Dena

May 11th, 2009 at 2:26 pm

Avatar

pak,sya kemarinkan dah ikut tes seleksi akademik d semarang … koq hasilnya lama bnged y ? ktnya minggu ini ?? kira2 kapan y pak d ksh tw ??

mohon balasannya ..

6 | Nurkholisoh

June 1st, 2009 at 3:50 am

Avatar

Menarik ulasannya, Pak.

Biar waktu yang akan membuktikan janji dan sumpah kami: “memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara, dan dunia”

7 | Danil Morad

June 21st, 2009 at 2:22 am

Avatar

“Dimanapun berada, memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara, dan dunia”

Itulah sekelumit prasetya yang terpatri didada kami, dan sebagian besar alumni SMA Taruna Nusantara.

We are not perfect as we are only human. but we are blessed to have studied in SMATN, being tought about nationalism and patriotism.

Alumni TN3 1992 – 1995

8 | anne

December 25th, 2009 at 3:16 pm

Avatar

as, pak saya sedang mengadakan penelitian tentang pengasuh di asrama SMA taruna, say ingin bertanya bagai mana sistem pengasuhan yang ada di SMA Taruna dan dari man para pengasuh asrama apakah dari guru yang mengajar atau ada pengasuhnya sendiri, saya mohon balasannya, sebelumnya trmksh, ws

9 | Ahmad Rizali

January 5th, 2010 at 1:10 pm

Avatar

Maaf lama saya balas, dari pengamatan dan pertanyaan saya, yang mengasuh adalah mantan pengasuh di asrama kadet AMN atau prajurit2 yg terpilih, baik pria atau wanita. Umumnya guru hanya mengajar dan tidak menjadi pengasuh di asrama, itu jika kita definisikan yg mensupervisi asrama,… demikian

10 | Ahmad Rizali

January 5th, 2010 at 1:11 pm

Avatar

Tetapi ada baiknya juga bertanya kepada teman2 yg pernah diasuh disana, silahkan…

11 | kurniawan

May 21st, 2010 at 10:01 pm

Avatar

cukup bagus beritanya..mengingatkan saya beberapa tahun lalu saat masih menjadi siswa disana.tak jauh berbeda seperti tulisan2 diatas..hanya saja ada ralat,bangunan aula berbentuk piramida segi lima,bukan segi enam seperti yang ditulis diatas..itulah makanya dinamakan balairung pancasila…yang merepresentasikan ke-lima sila-nya…trima kasih…

12 | Lukman

May 26th, 2010 at 10:19 pm

Avatar

Ingin sekolah berasrama dan semi militer?! Sekarang telah dibuka SMK Kehutanan di Pekanbaru, Kadipaten, Samarinda, Makassar, dan Manokwari. Sebagai lanjutan dari era SKMA yg telah vacum. Beda tapi sama!

13 | Dilla

June 22nd, 2010 at 10:47 am

Avatar

Terima kasih atas artikelnya,
sebagai alumni berjanji akan membuktikan karya kami bagi masyarakat, bangsa, dan dunia

14 | Vega Ryanto

June 12th, 2012 at 9:24 am

Avatar

Ada yang tau ngga, berapa sih nilai akreditasi sekolah SMA Taruna Nusantara ini, saat ini….?? Makasih kalo ada yang berkenan memberi tau.

15 | arjuna

September 13th, 2012 at 9:57 pm

Avatar

militer tetaplah militer, negara ini bobrok juga karena si militer (terutama si pensiunan militer tua bangka itu)

Comment Form


  • Julianne: fantastic points altogether, you just gained a new reader. What would you recommend inn regards to your put up that you simply made a few days ago?
  • see this agency: you're really a excellent webmaster. The site loading velocity is amazing. It sort of feels that you are doing any unique trick. Furthermore, The c
  • quest nutrition quest protein bars this: Good day! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could find a captcha plugin for my comment form? I'm using the sa

Photo Gallery

Profile

Riwayat Hidup
Ahmad Rizali, begitu namanya disebut sebagai salah satu sumber jika masalah pendidikan sedang mengemuka. Begitu pula ketika persoalan guru mencuat ke permukaan, ia termasuk sosok yang dicari-cari untuk dimintai pendapat. Belakangan, ia menekuni masalah seputar akuntabilitas sekolah. Selengkapnya...

Langganan via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Guestbook


(159)    Reza Khairurrahman  Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh, Pak, saya Reza pengurus OSIS SMAN 5 Kota Bekasi. Saya mendapat alamat email Bapak dari Ibu Aulia yang sudah saya kontak sebelumnya. Singkat cerita sekola...  
(157)    Sari  Salam kenal Pak Mau tanya seputar beasiswa afirmasi LPDP pak. Saat ini saya bekerja sbg PNS di Badan Pusat Statistik Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Merupakan salahsatu kabupaten tertinggal m...  
(102)    Ahmad Rizali  Dearest Mattie dan Amelie, Thank you very much for your encouraging comments on my weblog, keep reading. regards...  
(101)    Mattie  You've gotten very good thing right here....  
(100)    Amelie  Neat page, Stick to the beneficial work. Thanks!...  
(93)    aji Suryanto  Halo Pak, Seru juga baca article2 nya... Long time no chat ya Pak... Cheers Aji...  
(90)    roy handerson  salam kenal pak, sy adiknya bertha oktavina/ h dan dike yulius h dia titp salam, bpk pernah ke smpn kedamean kebetulan istri sy mengajar disana ibu maja erliany dia minat ikut tot tahun ini mohon inf...  
(89)    Nanang  Bpk semua, insyaAllah tindak lanjut training ESD akan di urus oleh bpk Fathii, staf di Pertamina Foundation yg mengurusi pelatihan ESD tersebut, terimakasih atas responsnya...  
(88)    Koko Budi Santoso  Assalamu'alaikum Pak ... SY inging bergabung dengan EDS, mohon informasinya ......  
(87)    Isno  Pak ingin bergabung training ESD bagaimana caranya......saya Guru SMA Negeri 3 Mojokerto.......